Minggu, 29 Desember 2013

Perbedaan Mendasar: Model, Metode, Pendekatan, dan Teknik Pembelajaran

Dengan nama Alloh Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Sedikit berbagi, berharap menuai di hari akhir.... :)


Model pembelajaran adalah merupakan sebuah perencanaan pengajaran yang menggambarkan proses yang ditempuh pada proses belajar mengajar agar dicapai perubahan spesifik pada perilaku siswa seperti yang diharapkan. Dalam dunia pendidikan, model diartikan sebagai, “a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal” (J.R. David, 1976).

Upaya untuk mengimplementasi rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal adalah dengan menggunakan metode. Ini berarti, metode digunakan untuk merealisasikan model yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat terjadi dalam satu model pembelajaran menggunakan beberapa metode, misalnya menggunakan metode ceramah sekaligus tanya jawab, dan lain-lain. Dengan kata lain, model mengacu kepada “a plan of operation achieving something, sedangkan metode mengacu kepada “a way in achieving something.

Istilah lain yang mempunyai kemiripan arti adalah pedekatan (approach). Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, sifatnya masih sangat umum. Roy Killen (1998) membagi dua macam pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approaches).

Selain model, metode, dan pendekatan, terdapat juga istilah lain yang kadang sulit dibedakan, yaitu teknik mengajar. Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode tertentu. Sifatnya lebih individual.

Dari penjelesan tersebut, maka dapat ditentukan bahwa suatu model pembelajaran yang diterapkan guru akan bergantung pada pendekatan yang digunakan. Sedangkan bagaimana menjalankan model itu dapat ditetapkan berbagai metode pembelajaran. Dalam upaya menjalankan metode pembelajaran, guru dapat menentukan teknik yang dianggapnya relevan dengan metode yang mungkin berbeda antara guru yang satu dengan guru yang lain.


#Disadur dari berbagai sumber#