Senin, 21 Oktober 2013

Awal Perjuangan

Akhirnyaaa...... stelah bolak balik di tolak, bolak balik dibongkar, dan bolak balik direvisi, judul thesis di acc juga (padahal baru judul yaa...). Yeahhh.... ini dia awal perjuangan. Semoga ke depannya dimudahkan dan bisa lulus tepat waktu (gerah beud lama2 di kampus) heheh....
And the title is:

THE EFFECTS OF LEARNING METHOD (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) AND STUDENT'S COGNITIVE STYLE) TOWARDS STUDENT'S SPEAKING SKILL).

"Pengaruh metode pembelajaran (pembelajaran kontekstual) dan gaya kognitif siswa menuju keahlian berbicara siswa".

Kenapa akhirnya tertarik memilih ini?

Karena susah sekali memancing anak-anak untuk berbicara aktif. Salah satu cara yang mungkin dapat digunakan adalah pembelajaran dengan cara kontekstual, yaitu dikaitkan dengan kegiatan sehar-hari. Vocabulary yang digunakan adalah yang simple dan memang digunakan dalam kegiatan harian. Dengan begitu siswa diharapkan jadi lebih mudah mengerti.

Bagaimana kaitannya dengan gaya kognitif siswa?

Menurut situs wikipedia, "Cognitive style or "thinking style" is a term used in cognitive psychology to describe the way individuals think, perceive and remember information". Yang kira2 artinya cara seseorang untuk berfikir, persepsi dan mengingat informasi. 

Nah jadi yang mau diteliti ada ngga kaitan antara metode kontekstuan dan gaya berfikif siswa dengan keahlian berbicara siswa dalam bahasa Inggris.

Bagaimana kira-kira jawabannya? Nampaknya harus serius melakukan penelitian. Dari sekarang mulai cari-cari sekolah yang bersedia di korek2 heheh (bingung juga cari SMP atau SMA karena sample murid SD ngga boleh digunakan untuk penelitian, sementara sehari2 mengajar di SD).

Wish me luck.... and have a nice lunch :) :) :)