Sabtu, 25 Januari 2014

E-Book Google

Dengan Nama Alloh Yang Maha Pengasih dan Penyayang...

Akhirnya bisa kebuka lagi ini blog. Setelah sempet beberapa lama (ngga tau kenapa) ngga bisa kebuka. Padahal tangan udah gatel banget mau nulis, hehehe.

Semester 3 hampir tuntas, awal Februari mulai bimbingan thesis. Semoga lancar dan tepat waktu. Aamiin Yaa Robb....

Persyaratan dari kampus untuk referensi thesis harus ada text book dan jurnal. Bolak-balik perpustakaan (bukan cuma perpustakaan kampus sendiri aja) tapi juga ke perpustakaan Kemdikbud di samping Ratu Plaza atau ke perpustakaan kampus lain demi buku referensi. Sering banget seharian ngendon di perpustakaan.

Sebetulnya bisa aja cari di internet. Tapi seringkali referensinya ngga jelas. Cuma sepotong-sepotong aja. Bener-bener ngga puas sampe ketemu wujud fisiknya itu buku dan jurnal. Biarpun yang dibutuhkan mungkin aja cuma beberapa halaman.

Nah, tadi sambil ngobrol-ngobrol sama temen dapat info yang berguna banget. Kalo selama ini cari referensi di internet melalui google text box, trus ketik keyword yang kita inginkan. Maka akan keluar berbagai macam data yang kita mau. Tapi sangat jarang keluar buku referensi dalam wujud "buku penuh".

Informasi yang didapat temen tadi berguna banget. Jadi ketika kita menuju ke mesin pencari google, coba ketik "google e-book" sebagai keyword nya. Maka akan keluar kumpulan referensi buku atau jurnal yang kita mau, mulai dari cover buku sampai daftar pustaka. Wooowww.... Lengkap banget deh. Jadi ngga perlu lagi sering-sering ngendon di perpustakaan.

Informasi ini mungkin agak usang, sepertinya google udah lama membuat aplikasi e-book. Maklum aja, Selama ini e-book cuma dapat kiriman aja dari temen atau dosen atau milis hihihi (ngaku :p).

Semoga bermanfaat yaa... :) :) :)